Temukan 137 Orang TKA Misterius, Massa Buruh di Gresik Geruduk Kantor Imigrasi

gresik24jam.net

Gresik24jam - Ratusan massa Serikat pekerja (SP) Logam, Elektronik dan Mesin-Serikat pekerja seluruh Indonesia (LEM-SPSI) Kabupaten Gresik menggelar unjuk rasa di Kantor Imigrasi Gresik, Jl Raya Duduksampean, Rabu (8/5/2018).

Massa menolak keberadaan tenaga kerja asing (TKA) yang marak di wilayah Gresik. Aksi unjuk rasa dikawal ketat oleh aparat TNI dan Polri.

Ali Muchsin, Ketua SPSI Kabupaten Gresik mengatakan, dari Posko pengaduan TKA ditemukan data, bahwa jumlah TKA yang bekerja di perusahaan di Gresik mencapai 600 orang.

"Tapi data di Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Gresik hanya 463 orang. Artinya ada selisih 137 orang, yang diduga belum didaftarkan ke Disnaker," ujarnya, Rabu (9/5/2018).

Dari temuan itu, pihaknya mendesak Disnaker dan Imigrasi melakukan pengawasan dan tindakan terhadap TKA. Terlebih jika mereka masuk ke Gresik dengan cara ilegal.

"Apalagi, dari temuan di lapangan ada TKA yang sudah bekerja selama 15 tahun, namun tidak ada penindakan tegas dari Imigrasi dan Disnaker," tegasnya.

Selain itu, TKA yang masuk juga harus selektif. Jangan yang tidak mempunyai keahlian seperti tukang las dan kuli batu tetap dibiarkan masuk. Sehingga keberadaan TKA tersebut otomatis mengurangi jatah tenaga kerja lokal Gresik.

"Kalau hanya tukang las, lebih baik diambilkan dari warga Gresik sendiri," sergah Ali.

Sementara itu, Kepala Imigrasi Tanjung Perak Surabaya Romi Yudianto di Kantor Cabang Imigrasi Gresik mengatakan,  sejak kemarin pihaknya sudah melakukan pengawasan TKA bersama instansi terkait. Yakni, dengan dibentuk tim pengawasan orang asing (Pora) mulai tingkat Kabupaten hingga Kecamatan.

Namun, data yang disampaikan tidak jelas, bahwa selama 2017 TKA di Gresik hanya sekitar 300 orang.

"Selama 2017 sudah mendeportasi tenaga kerja asing sebanyak 200 orang. Rata-rata karena izin tinggalnya sudah habis," katanya.

Menurut Romi, TKA yang di Gresik kebanyakan dari Tiongkok dan India. "Mereka dominan level marketing, manager dan tenaga ahli. Untuk un skill di Kabupaten Gresik saya rasa tidak ada," ucapnya.

Massa SP LEM SPSI akhirnya membubarkan diri dan siap melaporkan adanya TKA di perusahaannya masing-masing. (Surya/Sugiyono)


Artikel ini telah tayang di Tribunjatim.com dengan judul Temukan 137 Orang TKA Misterius, Massa Buruh di Gresik Geruduk Kantor Imigrasi, http://jatim.tribunnews.com/2018/05/09/temukan-137-orang-tka-misterius-massa-buruh-di-gresik-geruduk-kantor-imigrasi.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: