Songkok Lukis Kartun Kian Digandrungi

gresik24jam.net

Gresik24jam - Jelang ramadan, peminat songkok lukis makin meningkat. Para  perajin songkok lukis Gresik  pun kebanjiran pesanan, bahkan naik  hingga 50 persen. Berbeda dengan tahun lalu, tren songkok kartun kini sedang digandrungi.

Jari jemari Julian, salah satu pegawai produksi songkok lukis terlihat sangat jeli  membuat songkok tulis Sekaone. Dengan penuh kesabaran, Julian membuat karakter kartun pada songkok berwarna putih itu.

Perajin Songkok Lukis Sekaone, Muhammad Anhar mengaku kerepotan memproduksi songkok yang terbuat dari produksi tangan atau handmadeitu. Songkok yang dilukis ini merupakan songkok dengan berbagai karakter kartun di dalamnya.

“Kalau mulanya hanya puluhan kodi, satubulan hingga pesanan untuk Ramadan mendatang bisa sampai 134 kodi,” kata  Anhar. Berbeda dengan tren tahun sebelumnya. Tahun lalu, ia hanya membuat songkok lukis bertema kartun seperti ilustrasi masjid dan sebagainya. Namun, peminat  justru banyak orangtua yang ingin memberikannya kepada buah hati. “Jadi megikuti tren karakter kartun yang sedang booming saat ini,” kata Anhar.

Anhar mengaku melukis songkok sesuai dengan apa yang ada dalma imajinasinya. Namun, karena pesanan membludak, maka karakter kartun yang larispun harus dimal agar bisa dilukis lebih cepaat. Alhasil, ia harus menambahk aryawanuntuk memenuhi pesanan yang menjadi banyak ini. “Sekarang terbagi dalam empat bidang dan tanggungjawab, misal dibagian mal gambar, melukis, mendaftar dan finishing hingga melakukan packaging,”  jelasnya..

Dikatakan, setiap hari bisa menyelesaikan minimal delapan kodi hingga sepuluh kodi songkok lukis. Songkok putih yang diproduksi dengan bahan kalbut. Meski sudah ada produk baru dengan songkok mhitam bludru, namun pasarnya masih dominan songkok lukis kalbut yang putih. “Pewarnanaya kita menggunakan warna tekstil,” tegasnya.

Salah satu pegawai yangturut mearasakan peningkatan drastis produksi songkok lukis ini adalah Julian Dwiki. Laki-laki asal Jalan Pahlawan ini mengatakan m,ulai menmbah jam kerjanya selama satu bulan ini. terbilang baru menjadi pelukis dengan media songkok, julian mengaku sempat kesulitan. Tetapi, karena tuntutan pesanan yang meningkat drastis, jadi lebih terbiasa melukisnya. “Sebelumnya juga sering melukis meski bukan di media songkok,” imbuh dia.

Pecinta songkok, Erna Wijaya, 36, mengatakan songkok lukis yang dinilainya lucu ini bisa memberi semnagat kepada aanak-anak. Aplaagi untuk anak-anak yang masih belajar puasa. “Mereka tertarik dan senang mendapat songkok lukis,” tutup di. (*/han)


Artikel ini telah tayang di Jawapos.com dengan judul Songkok Lukis Kartun Kian Digandrungi, https://www.jawapos.com/radarsurabaya/read/2018/05/14/72989/songkok-lukis-kartun-kian-digandrungi.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: