Rusak Pagar Pemkab Saat Demo, Aktivis Penolak Revitalisasi Alun-alun Gresik Divonis Percobaan

gresik24jam.net

Gresik24jam - Tiga aktivis penolak revitalisasi Alun-alun Gresik yang dilaporkan merusak pagar kantor Bupati Gresik, divonis hukuman pecobaan oleh hakim Pengadilan Negeri (PN) Gresik, Rabu (2/5/2018).

Tiga aktivis itu adalah Fajar Rosyidi, Rizqi Siswanto, dan  Abdul Wahab

Rizqi Siswanto, mahasiswa Universitas Muhammadiyah Gresik yang juga aktivis PMII dituntut 10 dengan hukuman percobaan selama 1,6 tahun karena melanggar Pasal 170 KUHP.

Selanjutnya, Fajar Rosyidi, pedagang kaki lima (PKL) dituntut 7 bulan penjara dengan hukuman percobaan selama 1 tahun sebab terbukti melanggar Pasal 351 KUHP.  Dia terbukti bersalah melakukan penganiayaan terhadap petugas yang sedang menjalankan tugas.

Sementara Abdul Wahab, juga dihukum 1 tahun penjara dengan masa percobaan selama 2 tahun. Dia dinilai melanggar Pasal 160 KUHP sesuai tuntutan jaksa penuntut umum.

"Menetapkan bahwa pidana penjara tersebut tidak perlu dijalani oleh terdakwa, kecuali dikemudian hari ada majelis hakim yang memutuskan lain sebelum masa percobaan selama dua tahun," kata Putu Gede Hariyadi, Rabu (2/5/2018).

Dari putusan itu, tiga terdakwa dengan didampingi tim kuasa hukum Save Alun-alun Gresik menyatakan pikir-pikir. Begitu juga dengan tim jaksa penuntut umum Thesar Yudi Prasetya, Hadi Sucipto dan Angga Saputra ikut menyatakan pikir-pikir.

"Kami perlu kordinasi dulu dengan tim kuasa hukum, sehingga menyatakan pikir-pikir," kata Nashihan, koordinator tim kuasa hukum save Alun-alun Gresik.

Seperti diberitakan sebelumnya, tiga orang ini dilaporkan ke polisi karena saat menggelar unjuk rasa menolak revitalisasi Alun-alun Gresik pada September 2017 silam, mereka menyebabkan pagar kantor bupati roboh dan menimpa petugas Satpol PP.

Petugas Satpol PP melaporkan kejadian itu ke Polres Gresik atas dugaan perusakan fasilitas umum pagar Pemkab Gresik dan penganiayaan petugas Satpol PP Kabupaten Gresik. 

Sumber : surabaya.tribunnews.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: