Resmikan Pasar Baru Gresik, Bupati Berencana Berikan Sisa Stan untuk Fakir Miskin

gresik24jam.net

Gresik24jam - Pemkab Gresik meresmikan Pasar Baru Gresik (PBG) di Jalan Gubernur Suryo. Ada kelebihan puluhan stan yang akan diberikan kepada fakir miskin yang membutuhkan.

Pembukaan PBG dilakukan langsung oleh Bupati Gresik Sambari Halim Radianto bersama Wakil Bupati Gresik Mohammad Qosim, serta jajaran organisasi perangkat daerah (OPD) yang terkait.

Hadir juga Kepala Kejari ( Kajari) Gresik Pandu Pramoertika, Kapolres Gresik AKBP Wahyu Sri Bintoro dan Dandim 0817 Gresik.

Kepada para pedagang, Sambari mengatakan bahwa peresmian PBG ini untuk meningkatkan perekonomian masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

"Pemerintah membangun pasar ini untuk menyejahterakan rakyatnya. Supaya hidup enak. Satupun pemerintah tidak memiliki stan di sini," kata Sambari, Selasa (8/5/2018).

Lebih lanjut, Sambari mengatakan bahwa ada kelebihan stan sebanyak 62 unit. Rencananya akan dibagikan kepada fakir miskin, yatim piatu dan khufat (Penghafal Al-Qur'an).

"Secara umum, sisa stan ini untuk orang-orang yang tidak mampu. Beberapa golongan, mungkin ada yatim piatu, janda-janda-janda, fakir miskin, khufat yang kurangan ekonomi. Stan sisa 62," ungkapnya.

Sambari juga menegaskan bahwa sudah berkomunikasi dengan pedagang pasar baru Gresik bahwa tidak ada kenaikan bahan pokok.

"Bahan pokok masih normal. Ada beberapa kenaikan yaitu ayam dan telur," imbuhnya.

Kepala Dinas Koperasi UKM, Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Gresik, Agus Budiono, menambahkan bahwa dari diresmikan PBG, diharapkan bisa mengontrol kebutuhan pokok menjelang bulan suci Ramadan dan hari raya idul fitri. Sampai saat ini bahan pokok masih stabil.

"Kami akan koordinasi dengan Tim satgas pangan untuk mengamankan kebutuhan pokok," imbuh Agus.

Agus juga menyesalkan adanya dugaan oknum pedagang yang menjual belikan stan dengan harga ratusan juta. Sebab, harga stan setiap meter persegi hanya Rp 3.250.000. Sementara setiap pedagang mendapatkan 1,5 meter. Sehingga hanya Rp 4.875.000 setiap tahun.

"Kami sangat menyayangkan adanya oknum pedagang yang diduga menjual belikan stan itu. Kami sudah berusaha membangun pasar untuk pedagang, namun ada oknum pedagang yang diduga memanfaatkan kesempatan ini. Tapi kami pastikan stan yang ada ini sudah sesuai nama pedagang masing-masing," katanya.

Terpisah, Kapolres Gresik, AKBP Wahyu S Bintoro, menyatakan kepada pedagang jika ada oknum yang menjualbelikan stan diluar ketentuan yang ditetapkan oleh pemerintah Kabupaten Gresik maka harus lapor ke polisi.

"Jika ada yang menjual stan lebih mahal dari ketetapan pemerintah, silakan laporkan, nanti saya tangkapnya," tukas Wahyu.

Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Resmikan Pasar Baru Gresik, Bupati Berencana Berikan Sisa Stan untuk Fakir Miskin, http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/08/resmikan-pasar-baru-gresik-bupati-berencana-berikan-sisa-stan-untuk-fakir-miskin.

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: