Prihatin Banyak Kabar Hoax, Warga Gresik Buat Ide Ini

gresik24jam.net

Gresik24jam - Beredarnya kabar bohong atau hoax membuat inspirasi Arif Ridwan (43) alias Anja, warga Telogopojok, Kecamatan Gresik, untuk memproduksi kaus bertuliskan 'Hoax Hoex'. Kaos tersebut diharapkan bisa mencerdaskan masyarakat yang membacanya.

Menurut Anja, pembuatan kaos Hoax Hoex ini sesuai dengan bahasa lokal Gresik dan perilaku beberapa masyarakat yang muntah-muntah saat melihat hal yang kurang baik.

"Warga Gresik itu saat melihat sesuatu yang kurang baik itu selalu Hoak Hoex mau muntah. Hal ini sama dengan melihat berita bohong, sehingga masyarakat harus pintar dalam melihat berita," kata Anja, saat memasarkan kaus ke warung-warung di Kota Gresik, Senin (7/5/2018).

Selain itu, Anja menjelaskan bahwa kaus Hoax Hoex muncul atas kegelisahan masyarakat atas berita yang diduga bohong beredar di masyarakat.

"Atas kegelisahan itu, akhirnya muncul kaus Hoax Hoex," sambungnya.

Untuk memproduksi kaus pesan-pesan sosial ini, Anja melibatkan teman-temannya yang juga perjuangan saat muda yaitu menjadi pengamen jalanan.

Sedikitnya ada 5 pengamen jalanan yang bisa menyablon sehingga bisa menambah pendapatan sehari-hari.

"Kita latih teman-teman untuk mandiri, agar tidak menggantungkan pada penghasilan mengamen. Mereka juga punya lahan untuk ternak lele sehingga bisa menambah pendapatan untuk mencukupi kebutuhan keluarga," imbuhnya.

Termasuk Farid Haz (38), warga dusun Sidodadi, desa Melirang, Kecamatan Bungah yang ikut menjadi tim membuat kaus pesan-pesan moral.

Dari usaha gabungan teman-teman pengamen jalanan itu tidak mengambil keuntungan yang banyak. Kaus dijual antara Rp 80.000 sampai Rp 110.000 perkaos.

"Yang penting bisa produksi ulang dan bisa menyampaikan pesan moral itu," kata Farid, sambil ngobrol di warung kopi saat menjual kaus.

Sumber : surya.co.id

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: