Pasar Baru Gresik Akan Diresmikan, dan yang Bikin Wah adalah Harga Stand 1,5 Meter di Banderol 100 Juta

gresik24jam.net

Gresik24jam - Persoalan demi persoalan terus bermunculan menjelang peresmian Pasar Baru Gresik yang dijadwalkan mulai dioperasikan sebelum bulan Ramadan tahun ini. Setelah pedagang mengeluhkan ukuran stan yang terlalu kecil, kali ini mereka protes karena harganya yang dinilai terlampau mahal.

Harga stan berukuran 1,5 meter di pasar yang pernah terbakar pada akhir tahun 2016 lalu itu dibandrol Rp 100.

"Yok nopo niki pak, stan ukuran 1,5 meter didol satus juta. (Gimana ini pak, stan berukuran 1,5 meter dijual dengan harga seratus juta)," keluh salah satu pedagang yang mengaku akan membeli stan di blok bagian belakang Pasar Baru Gresik, kemarin.

Padahal jika mengacu Perda Nomor 4 Tahun 2011 tentang Jasa Retribusi, harga stan di Pasar Baru seharusnya hanya Rp 3.250.000 per meter persegi.

Ketua Komisi II DPRD Gresik Solihudin kepada BANGSAONLINE.com mengaku terkejut begitu mengetahui informasi harga stan di Pasar Baru yang dijual Rp 100 juta. 

“Kok bias? Apa benar itu?," ujar Solihudin dengan nada keheranan.

"Gak boleh, itu melanggar (penentuan harga stan Rp 100 Juta, red). Kalau ada stan yang dijual dengan harga itu harus ada perubahan Perda dulu. Sebab tak boleh melebihi Perda, kecuali ada kesepakatan tanpa adanya paksaan. Prinsipnya kesepakatan 2 pihak menjadi Undang-undang," tegas politikus PKB ini.

Berdasarkan informasi, jumlah stan di Pasar Baru Gresik ada 1.400. Sementara jumlah pedagangnya 1.300. Sedangkan sisa stan yang kosong ada 62.

Adapun dari 1.300 pedagang yang menempati stan di Pasar Baru, baru kisaran 600 pedagang yang memiliki surat izin menempatin (SIM). Sebab, satu pedagang yang memiliki SIM lebih dari dua stan.

Kepala Diskop, UKM, dan Perindag Pemkab Gresik Agus Budiono belum bisa dikonfirmasi terkait harga stan ini. Dihubungi via WhatsApp, Agus enggan memberikan jawaban meski terlihat pesan yang dikirim Bangsaonline.com sudah dibaca. (hud/ns)

Sumber : bangsaonline.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: