Bayar Tiap Bulan, Air Mengalir Tak Lancar, PDAM Gresik Berdalih Tak Punya Genset

gresik24jam.net

Gresik24jam - Pelayanan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Giri Tirta di Kota Gresik terus dikeluhkan pelanggan. Sebab, terkadang air tidak mengalir dan terkadang mengalir tapi harus pakai pompa air. Namun pelanggan masih dikenakan biaya setiap bulannya.

Menurut keterangan Alim, pemuda asal Kelurahan Pekauman Kecamatan Gresik mengatakan bahwa air PDAM sering mengalir pada malam hari dengan debit air kecil, sehingga harus berebut dengan tetangga menggunakan mesin pompa air.

Warga harus memakai pompa air karena tekanan air rendah sehingga tidak mampu mengalir ke bak mandi.

"Mengalir ke bak mandi air tidak bisa, terpaksa pakai pomba air," kata Alim, penggurus Pimpinan Anak Cabang Gerakan Pemuda Ansor (PAC GP Ansor) Kecamatan Gresik, Rabu (9/5/2018).

Lebih lanjut Alim mengatakan bahwa dulu pembayaran air PDAM sering naik turun, padahal penggunaan air tidak sampai 10 kubik.

"Terkadang bayar Rp 25.000 sampai Rp 30.000. Tiba-tiba bayar PDAm Rp 350.000," imbuhnya.

Kendala pelayanan air bersih juga dikeluhan warga Kelurahan Karangturi Kecamatan Gresik. Sebab, air PDAM hanya mengalir setiap dua hari sekali. Sehingga terkadang warga harus membeli air bersih.

"Ini sudah untung mengalir setiap dua hari sekali. Dulu tidak mengalir sama sekali," kata Ambon, panggilan akrabnya saat jaga warung di Jl Arif Rahman Hakim.

Keluhan yang sama yaitu sistem pembayaran PDAM yang terkadang mahal. "Bahkan tidak mengalir pun juga harus bayar. Pernah satu tahun tidak bayar sebab tidak mengalir. Saluran akan diputus baru saya bayar," katanya.

Kendala Listrik

Direktur PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik Muhammad mengatakan bahwa untuk kelancaran air terkendala listrik. Sebab, sekali listrik padam, maka imbasnya bisa berjam-jam untuk memulihkan. Sehingga pengiriman air tidak lancar.

"Harus berjam-jam untuk menormalkan air sebab salah satu kendalanya yaitu tekanan listrik," kata Muhammad.

Terkait listrik, Muhammad menjelaskan bahwa PDAM tidak punya genset untuk operasional pompa PDAM, sebab biaya untuk menjaga genset dan membeli bahan bakar sangat mahal.

"Tidak cukup biaya produksi jika pakai genset," imbuhnya.

Terkait penambahan air bersih, saat ini PDAM Giri Tirta Kabupaten Gresik akan mengelola air bersih di Bandung Gerak Sembayat yang didapat dari membendung sungai Bengawan Solo. "Masih tahap lelang. Semoga bisa mencukupi kebutuhan air bersih di Kota Gresik dan sekitarnya," imbuhnya.

Termasuk upaya menekan dugaan penggunaan air bersih, Muhammad menerjunkan tim untuk memeriksa langsung spidometer PDAM menggunakan sistem android.

"Petugas akan keliling dari rumah untuk memfoto meteran spidometer milik warga. Sehingga bisa diketahui penggunaan air bersih setiap bulannya," katanya. 


Artikel ini telah tayang di surya.co.id dengan judul Bayar Tiap Bulan, Air Mengalir Tak Lancar, PDAM Gresik Berdalih Tak Punya Genset, http://surabaya.tribunnews.com/2018/05/09/bayar-tiap-bulan-air-mengalir-tak-lancar-pdam-gresik-berdalih-tak-punya-genset?page=2.


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: