Panduan Wisata Pulau Bawean Surga Tersembunyi di Indonesia

gresik24jam.net

Gresik24jam - Wisata Bawean merupakan tempat destinasi yang tidak boleh dilewatkan begitu saja untuk para penikmat liburan. Apalagi mereka yang sangat tertarik dengan dunia alam dan travelling. Banyak yang belum mengenal wisata yang satu ini. Maka dari itu, penulis ingin membahas sedikit tentang apa itu Bawean.

Obyek wisata bahari pulau bawean ini merupakan tempat berlibur yang berlokasi di Gresik, Jawa Timur. Ini merupakan tempat terbaik sekaligus icon wisata di Gresik karena kecantikan pulau dan berbagai jenis penawaran wisata yang menarik di sana.

Terdapat banyak jenis wisata yang menakjubkan dan menarik untuk disusuri. Salah satunya yaitu pantai, air terjun, wisata bahari, danau dan tempat penangkaran hewan langka yang merupakan spesies endemik dari Bawean.

Wisata Bawean

1. Bawean Island

gresik24jam.net

Bawean Island merupakan pusat dari wisata Bawean. Pulau ini merupakan pulau cantik yang berlokasi di tengah-tengah pulau Jawa.

Pulau ini juga dijuluki sebagai pulau Putri karena penduduk laki-laki dari Bawean menjadi perantau. Hal ini menyebabkan sebagian besar penduduk Bawean adalah perempuan.

Dalam pulau ini, pengunjung dapat melihat Rusa Bawean yang langka. Tersedia lahan empat hectare untuk melindungi binatang langka ini dari kepunahan, dibuatlah penangkaran Rusa Bawean di pulau ini.

Rusa tersebut merupakan rusa liar, maka dari itu pengunjung dilarang untuk memberikan makanan tanpa seizin petugas.

2. Pantai Ria

gresik24jam.net

Dalam Bawean Island, terdapat pantai Ria. Pantai ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan pantai-pantai yang ada di pulau ini.

Tersedia batu-batu karang hitam di bibir pantai Ria. Dulu, pantai ini merupakan tempat singgahnya para nelayan setelah mencari ikan di laut.

Hal ini menyebabkan pantai Ria menjadi tempat untuk mengolah hasil laut tersebut.

Sebagai tempat berlabuhnya perahu-peahu nelayan tersebut, pengunjung pantai Ria dapat menyaksikan banyaknya perahu nelayan di laut.

Pemandangan ini akan membuat siapa saja yang melihatnya menjadi tenang dan damai.

3. Danau Kastoba

gresik24jam.net

Danau Kastoba merupakan danau yang terletak di tengah pulau Bawean. Objek wisata Bawean Gresik ini menyuguhkan suasana yang sangat alami kepada pengunjung.

Ini membuat danau Kastoba menjadi danau yang begitu indah dan menawan. Untuk mencapai Danau yang memikat hati ini, setiap pengunjung harus melalui jalur trekking sejauh 500 meter.

4. Tanjung Gaang

gresik24jam.net

Salah satu objek wisata Bawean Gresik yang harus dikunjungi adalah Tanjung Gaang. Tempat ini tersusun dari batu-batu karang yang berada di tengah laut dengan airnya yang biru dan bersih.

Pengunjung dapat menikmati Tanjung Gaang dengan menyewa perahu pada nelayan dan menyusurinya. Hal ini akan memanjakan mata setiap pengunjung ketika melihat laut lepas pada Tanjung Gaang.

5. Wisata Pulau Gili Bawean

gresik24jam.net

Selain Bawean Island yang menjadi sentral wisata di Gresik, terdapat wisata pulau Gili Bawean. Pulau Gili mereupakan pulau yang memiliki pasir putih bersih.

Selain itu, pengunjung dapat memanjakan mata mereka dengan melihat sunset dan sunrise yang menakjubkan di tempat ini.

Kejernihan laut pada pulau Gili menjadikan tempat ini sebagai objek wisata yang menawarkan keindahan bawah laut. Penikmat liburan akan disuguhkan oleh pemandangan indah alam bawah laut dengan segala ekosistemnya.

Pengunjung pulau Gili pun dapat menikmati hasil laut dari para nelayan disana. Berlibur dengan kerabat dan keluarga menjadi lebih lengkap dengan menyantap ikan bakar yang masih fresh dari para nelayan pulau Gili.

6. Pulau Noko

gresik24jam.net

Selain pulau Gili, salah satu objek wisata baharu pulau Bawean adalah pulau Noko. Pulau ini terletak di seberang pulau Gili.

Daratan dari pulau Noko sebagian besar adalah pasir putih yang bersih dan indah. Selain itu, ombak di pulau Noko tidak terlalu besar sehingga pengunjung dapat bermain pasir sepuasnya.

Pulau Noko menjadi objek wisata baharu pulau Bawean, karena pulau ini memiliki pemandangan bawah laut yang indah dan menawan.

Terdapat variasi ikan hias dan bunga karang di pulau ini. Pastikan anda membawa peralatan snorkeling saat berkunjung ke pulau Noko, karena sampai saat ini, belum tersedia tempat penyewaannya.

7. Pulau Noko Selayar

gresik24jam.net

Pulau Noko Selayar merupakan objek wisata Bawean Gresik yang menyediakan daratan penuh pasir putih yang bersih dan cantik.

Terdapat laguna yang menawan dan pemandangan bukit-bukit hijau yang akan menyehatkan mata setiap pengunjung.

Selain menyediakan pemandangan indah nan sehat di daratan pulau. Noko Selayar juga menjadi objek wisata bawah laut karena memberikan pemandangan bawah laut yang indah dan tak kalah dari pulau-pulau yang ada di Indonesia.

8. Pantai Mayangkara

gresik24jam.net

Pantai Mayangkara adalah pantai yang terletak di Bawean Island. Tak seperti pantai pada umumnya. Mayangkara menyediakan sebuah tanah lapang yang bisa digunakan untuk olahraga seperti sepak bola.

Bermain bersama teman dan keluarga saat tiba di pantai ini sangatlah direkomendasikan.

9. Pantai Kuburan Panjang

gresik24jam.net

Satu pantai lagi dari objek wisata Bawean Gresik adalah pantai Kuburan Panjang. Yup! Seperti namanya, pantai ini merupakan pantai yang di dalamnya terdapat kuburan yang memanjang.

Penduduk local percaya bahwa kuburan tersebut merupakan makam dari pengawal Aji Saka.

Hal tersebut membuat pantai Kuburan Panjang dikeramatkan oleh penduduk local Bawean Gresik. Selain itu, pantai Kuburan panjang juga menyediakan pemandangan yang sangat indah.

Dimana pantai kuburan panjang terbagi menjadi dua bagian. Bagian pantai ini dipisahkan oleh daratan.

10. Air Terjun Laccar

gresik24jam.net

Selain menyediakan berbagai jenis pantai yang indah dan mempesona, wisata Bawean pun menyuguhkan objek wisata lainnya, yaitu Air Terjun Laccar.

Siapa saja yang berkunjung ke Bawean Island harus pergi dan menikmati air terjun dengan tinggi 20 meter ini.

Suasana alam yang menawarkan kesegaran dan kedamaian ini akan membantu para pengunjung untuk melepaskan stress dan pikiran mereka saat berada di kota asal.

Untuk bsa ke tempat menakjubkan ini, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 1 km. menyusuri jalan setapak dan sungai yang berbatu.

Perjuangan para pengunjung akan tergantikan setelah sampai ke air terjun laccar yang sangat nyaman.

11. Gili Iyang

gresik24jam.net

Gili Iyang adalah kapal yang akan mengantarkan pengunjung pergi ke wisata Bawean. Mendapatkan wisata murah bawean bukanlah perkara yang sulit.

Kamu hanya perlu merogoh beberapa kocek rupiah untuk biaya ke pulau Bawean.

Berapa sih kocek yang harus ditanggung oleh pengunjung Bawean Island? Harga tiket untuk dewasa adalah Rp. 76.000, anak-anak adalah Rp. 59.000 dan untuk motor adalah Rp. 19.000.

Jadwal pemberangkatan Gili Iyang dari Gresik menuju Baewan adalah pada hari jum`at pukul 21.00 WIB. Lama perjalanannya adalah 8-10 Jam. Cuaca pada saat pemberangkatan juga menjadi indikator lama tidaknya perjalanan di laut.

Bagaimana? Menakjubkan bukan wisata Bawean di Gresik ini? Pulau Bawean sangatlah direkomendasikan buat kamu-kamu yang suka travelling. Saat pergi ke pulau Bawean, pastikan kamu memiliki tour guide agar tidak tersesat.

Sumber : mytrip123.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: