Nelayan Gresik Praktik Pemahaman Soal Evakuasi Mamalia Terdampar

gresik24jam.net

Gresik24jam - Puluhan nelayan pesisir utara Kabupaten Gresik, Jawa Timur, mendapatkan bimbingan teknis (Bimtek) soal penanganan (evakuasi) pertolongan Mamalia yang terdampar di pantai, Jumat (20/4/2018).

Dalam sosialisasi tersebut, dihadiri oleh petugas dari UPT Teknis Pengelolaan Sumber Daya Kelautan dan Perikanan, Dinas Kelautan Provinsi Jawa Timur.

Dalam kesempatan tersebut, nelayan diberikan pemahaman tentang penanganan pertama jika menemukan ikan Mamalia yang terdampar di pantai.

Kasie Kenelayanan, Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Pemkab Gresik, Zainal Abidin mengatakan, pemahaman tentang pertolongan pertama kepada ikan Mamalia penting bagi nelayan.

"Pelatihan ini diberikan untuk Pokmaswas (Kelompok Masyarakat Pengawas Laut) di Gresik. Agar nelayan paham bagaimana penanganannya jika menemukan ikan Mamalia yang terdampar di pantai," katanya kepada TIMES Indonesia (timesindonesia.co.id), Jumat (20/4/2018).

Evakuasi penanganan Mamalia tersebut, dikatakan Zainal penting untuk upaya penyelamatan mamalia laut terdampar. Penting diketahui agar mamalia tersebut didekati secara hati-hati, di mana harus dihindari daerah mulut dan ekor.

"Apabila ada mamalia terdampar dipantai khususnya di Kabupaten Gresik diharapkan Pokmaswas dapat menangani Mamalia dimaksud, apakah Mamalia masih hidup atau sudah mati dan melaporkan ke dinas terkait," tambah dia.(*)

Sumber : timesindonesia.co.id

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: