Motor Listrik yang Dipakai Jokowi Sudah Dirakit di Gresik

Motor Listrik yang Dipakai Jokowi Sudah Dirakit di Gresik

Gresik24jam - Terjawab sudah rasa penasaran akan sosok motor listrik yang dipakai Jokowi di Agats, Kabupaten Asmat, Papua. Ternyata motor listrik yang dipakai Jokowi itu adalah motor listrik dari WIM Motor, anak perusahaan produsen sepeda WIM Cycle. Motor itu adalah Zero 8i.

Sales and Marketing Manager WIM, Wenson, mengatakan motor tersebut sudah dirakit di Gresik, Jawa Timur. Hanya, semua komponen utama motor listrik itu diimpor dari China.

"Memang yang kita beli itu dari sana (China). Jadi kita di sini assembly saja. Memang saya rasa sebagian besar produk (motor listrik atau sepeda listrik) yang ada di Indonesia itu kebanyakan dari sana (China) juga ya," kata Wenson kepada detikOto, Jumat (13/4/2018).

Menurutnya, 100 persen komponen masih berasal dari China. Mungkin hanya bagian ban yang diambil dari Indonesia, kat Wenson.

Sementara itu, Wenson mengatakan, WIM Motor sebenarnya sudah lahir dari 2009. Motor listrik itu hanya dijual di Papua, khususnya di Agats.

Motor listrik WIM Motor Zero 8i yang dipakai Jokowi harganya tidak sampai puluhan juta. Menurut Wenson, motor itu biasa dijual dengan kisaran harga Rp 12-13 jutaan.

Sekadar diketahui, WIM Motor Zero 8i menggunakan motor listrik 48 volt 1.000 watt. Motor itu menggendong baterai 48 volt 20 Ampere hour. Motor itu biasa dijual dengan kisaran harga Rp 12-13 juta.

Makanya, motor itu laris di Papua yang dijadikan untuk mobilitas hariannya. Sementara di Pulau Jawa, motor listrik lebih laris yang watt-nya kecil, biasanya untuk keperluan jarak pendek seperti ibu-ibu di komplek perumahan atau hanya ke pasar.

"Sementara di Agats, motor listrik sepertinya benar-benar digunakan sebagai salah satu moda transportasi harian. Sehingga watt besar saya rasa dibutuhkan untuk kemampuan daya angkut. Watt itu seperti cc lah kalau di kendaraan bermesin. Semakin besar wattnya semakin kuat torsinya," kata Wenson.

Motor listrik tersebut bisa menjangkau jarak 50 sampai 80 kilometer dalam kondisi baterai penuh. Waktu pengisian baterainya sampai delapan jam. (rgr/lth)

Sumber : oto.detik.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: