Hama Ulat Menyerang Lahan Warga Gresik

gresik24jam - Hama Ulat Menyerang Lahan Warga Gresik

Gresik24jam - Warga Desa Pangkahkulon, Kecamatan Ujungpangkah, Kabupaten Gresik, Jawa Timur resah akibat banyaknya hama ulat yang menyerang areal tambak warga sejak seminggu terakhir.

Dari pantauan, pohon yang berada di areal tambak desa itu daunnya rontok akibat terserang hama ulat. Ulat menempel di daun hingga ranting pohon.

Warga Desa Pangkahkulon, Muhammad Khasim (42) mengatakan, hama ini sangat merugikan warga.

"Takutnya hama ini menyebar dan membuat kepiting yang ada di tambak hilang karena pohon di sisi tambak menjadi gersang," katanya, Kamis (12/4/2018).

Hama ulat tersebut, Khasim membeberkan, dirinya sudah melapor ke pihak desa untuk diteruskan ke pihak terkait agar dilakukan penyemprotan maupun penanggulangan hama tersebut.

"Tahun-tahun kemarin tidak ada. Gak tahu sekarang kok ada (Hama ulat) dan mulai menyebar," tambah dia.

Sementara itu, Kepala Desa Pangkahkulon, Ahmad Fauron mengaku sudah pernah diwaduli warga terkait hama ulat yang menyerang areal petambakan warga seminggu terakhir.

Setelah dilakukan pengecekan oleh pihak desa bersama aparat setempat, hama ulat itu menyebar di seluruh tanaman atau pepohonan yang berada di sekitar tambak warga.

"Kurang lebih sepuluh hektare lahan daunnya rontok. Jadi sangat merugikan warga," jelasnya.

Fauron meminta kepada dinas terkait untuk melakukan penanganan hama ulat dengan melakukan penyemprotan agar hama tersebut tidak meluas.

"Ya tentunya hama ulat ini segera tertangani agar tidak meluas ke pemukiman warga Desa Pangkahkulon," harap dia.(*)

Sumber : timesindonesia.co.id

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: