Rakor Penataan Dapil, Sampaikan Keinginan Peserta Pemilu

gresik24jam - Rakor Penataan Dapil, Sampaikan Keinginan Peserta Pemilu

Gresik24jam - Komisi Pemilihan Umum JawaTimur (KPU Jatim) menggelar Rapat Kordinasi  Penataan Daerah Pemilihan (Dapil) dan Alokasi Kursi Pemilihan Umum (Pemilu) Tahun 2019. Agenda Rakor lebih difokuskan pada pembahasan  usulan dapil di masing-masing kabupaten/kota dan perrmasalahan yang ada. Begitu juga Kabupaten Gresik yang diwakili oleh Ketua KPU sekaligus Divisi Teknis dan Kasubag Teknis. Di hadapan para undangan dari 38 KPU Kabupaten/Kota Se Jawa Timur, Anggota KPU Jatim Divisi Hukum, Muhammad  Arbayanto, menekankan agar KPU Kabupaten/Kota harus menjelaskan detail-detail terkait penataan dapil yang dilakukan di wilayah serta alokasi kursi yang ada.

Selanjutnya, berbagai masalah dan hambatan yang ada di masing-masing kabupaten/kota dijelaskan oleh wakil dari KPU Kabupaten/Kota. Namun sebagian besar dari masing-masing KPU Kabupaten/Kota meminta ada penambahan Dapil dengan berbagai pertimbangan/alasan, setelah melalui uji publik.

Akhmad Roni, Ketua KPU Gresik sekaligus Divisi Teknis juga menyampaikan hasil  Rapat Koordinasi Uji Publik yang dilaksanakan di Hotel Tunjungan Surabaya sebelumnya. Hadir pada kegiatan di Gresik itu,  partai politik, elemen masyarakat dan stakeholder terkait.

“Saat uji publik kemarin, dari berbagai masukan, mengerucut  ada dua usulan rancangan.  Rancangan pertama dengan tujuh dapil, sedangkan rancangan kedua ada delapan dapil. Yang membedakan dapil tersebut dari tujuh prinsip dalam penataan dapil ialah pada prinsip proporsional,” ujar Rani.

Hasil Rapat Kordinasi di daerah dilaksanakan Sabtu-Minggu, tanggal 24-25 Februari 2018 di Hotel Panorama  Jember ini, akan disampaikan ke KPU RI melalui KPU Provinsi sebagai dokumen rancangan dapil dan alokasi kursi pemilihan umum tahun 2019 pada masing-masing Kabupaten/Kota se-Provinsi Jawa Timur. (kpugres/yayan/v)

Sumber : http://kpud-gresikkab.go.id

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: