Paradoks Jatim: Perceraian Tertinggi, Kebahagiaan Teratas

gresik24jam - Paradoks Jatim Perceraian Tertinggi, Kebahagiaan Teratas
UNTUK YATIM DAN DHUAFA: Mensos Khofifah Indar Parawansa memberikan santunan saat acara Bahagia Muharram bersama 4.000 Anak Yatim dan Dhuafa di Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan

Gresik24jam - Menteri Sosial, Khofifah Indar Parawansa menyebut ada sesuatu yang paradoks di Jawa Timur. Catat baik-baik: Indeks kebahagiaannya tertinggi di Indonesia, namun angka perceraian juga tertinggi.

“Ya, ada yang paradoks. Indeks kebahagiaannya tinggi tetapi di saat yang sama angka perceraiannya juga tertinggi,” tandasnya usai menghadiri acara Bahagia Muharram bersama 4.000 Anak Yatim dan Dhuafa di Pondok Pesantren Sidogiri, Kabupaten Pasuruan.

Merujuk data Kementerian Sosial, indeks kebahagiaan Jawa Timur pada 2014 tercatat 68.7 atau tertinggi dari seluruh provinisi. Angka tersebut di atas Jawa Tengah (67.81) dan Jawa Barat (67.66).

Namun indeks kebahagiaan ini berbanding lurus dengan angka perceraian. Lagi-lagi Jawa Timur mengungguli Jawa Tengah dan Jawa Barat. Sedangkan penyebab tertinggi perceraian masih berkutat pada persoalan ‘klasik’: Ekonomi, disusul tidak harmonis serta tidak bertanggung jawab.
gresik24jam - Paradoks Jatim Perceraian Tertinggi, Kebahagiaan Teratas
JATIM TERTINGGI: Angka perceraian di Jawa Timur tertinggi di Indonesia, mengungguli Jawa Tengah dan Jawa Barat. | Grafis: Kemensos RI

Situasi ini sekaligus potret kalau perceraian masih didominasi perkara cerai gugat alias pihak perempuan yang paling banyak meminta mengakhiri ikatan pernikahan.

Mengacu data Komnas Perempuan pada Buku Catatan Tahunan 2016 Edisi Launching 7 Maret 2016 yang dikutip Kementerian Sosial, dari 352.070 perkara perceraian yang masuk ke Pengadilan Agama (PA) pada 2015 terdapat 252.587 kasus perkara cerai gugat, disusul cerai talak (98.808 kasus) serta izin poligami (675).

Dalam skala kota, di Surabaya, misalnya, sebanyak 1.026 perkara perceraian diterima PA setempat selama Januari-Februari 2016. Rinciannya, cerai talak (337 perkara) dan cerai gugat (689 perkara).

gresik24jam - Paradoks Jatim Perceraian Tertinggi, Kebahagiaan Teratas
PARADOKS: Indeks kebahagiaan Jawa Timur tertinggi di tengah angka percerian yang tertinggi pula. | Grafis: Kemensos RI

Khofifah yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU menambahkan, sebenarnya sejak tiga tahun lalu lewat layanan Keluarga Maslahah bentukan Muslimat NU sudah membahas paradoks pasutri ini dan akan lebih dimantapkan lagi pelayanannya.

Sebab, dalam sejumlah kasus sebetulnya perceraian bisa dicegah apabila mediasi dan konsultasi berjalan dengan baik. Bagaimanapun problem selanjutnya akibat perceraian yakni anak-anak.

“Kok kadang ada suami-istri datang ke PA naik becak bareng, tetapi putusannya cerai,” tuntas Khofifah.

Sumber : barometerjatim.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: