Pabrik Garam Berdiri di Gresik, Kebutuhan Nasional 3,7 Juta Ton, PT Uni Chem Mampu 300.000 Ton

gresik24jam - Pabrik Garam Berdiri di Gresik, Kebutuhan Nasional 3,7 Juta Ton, PT Uni Chem Mampu 300.000 Ton

Gresik24jam - Menterian Perindustrian Airlangga Hartarto meresmikan pabrik garam PT Uni Chem Candi Indonesia di Kawasan Java Integrated Industrial and Ports Estate (JIIPE) Kecamatan Manyar Gresik. Industri garam yang baru ini diharapkan bisa mengurangi impor garam dan bisa mencukupi kebutuhan garam di dalam negeri.

Airlangga Hartarto mengatakan bahwa kebutuhan garam di dalam negeri masih kekurangan, sehingga adanya industri yang mengolah garam ini bisa mengurangi ketergantungan impor.

Hingga kini kebutuhan garam secara nasional mencapai 3,7 juta ton.

“Ini menjadi tantangan bagi kita semua, agar kebutuhan garam bisa diproduksi secara nasoanl, mungkin nanti para pengusaha bisa terus mengekspansikan usahanya,” kata Airlangga Hartarto, disambut tepuk tangan Harris Presiden Direktur PT Uni Chem Candi Indonesia serta para undangan, Jumat (9/3/2018).

Sementara PT Uni Chem mampu memproduksi garam petani sekitar 300.000 ton pertahun.

Padahal kebutuhan garam industri sangat besar, mulai untuk bahan makanan, industri kimia, farmasi, hingga pengeboran minyak.

“Kami harapkan PT Uni Chem bisa meningkatkan produksi secara intensif, mulai garam di NTT (Nusa Tenggara Timur). Garam sangat dibutuhkan untuk industri kimia, aneka pangan minuman, farmasi, kosmetik hingga pengeboran minyak. Ini merupakan salah satu kebutuhan masyarakat. Tanpa garam kertas pun tidak bisa produksi, tanpa garam kontak lensa juga tidak bisa diproduksi,” imbuhnya.

Dengan adanya PT Uni Chem, Airlangga berharap kebutuhan garam nasional yang selama ini impor untuk kosmetik, farmasi dan industri pangan diharapkan bisa memperkuat industri di dalam negeri.

“Industri farmasi, herbal dan industri kosmetik menjadi salah satu industri andalan di Kementerian Perindustrian, sebab pertumbuhannya industri kosmetik mencapai 22 persen,” katanya.

Sumber : surabaya.tribunnnews 

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: