Arang-arang Kambang, Jajanan Khas Gresik yang Mulai Langka


Gresik24jam - Jajanan arang-arang kambang mungkin banyak orang yang tidak mengenalnya. Padahal dahulu makanan tradisional Khas Gresik ini selalu disajikan saat ada acara pernikahan dan bulan Ramadan.

Dari bahan dan tampilan arang-arang kambang ini seperti kolak. Adapun bahan yang digunakan mulai ketan putih, ketang hitam, irisan pisang dan tape ketan yang diberi warna hijau.

Setelah matang semua, kemudian diberi santan yang telah dimasak dengan gula dan sedikit garam.

“Yang paling lama itu proses fermentasi tape ketan. Bisa memakan waktu 3 hari,” ucap Wakhidatus Sholikhah, salah satu orang yang masih melestarikan jajanan arang-arang kambang, Minggu (4/3/2018).

Menurutnya, agar rasanya enak, fermentasi tape ketan harus dilakukan oleh perempuan suci atau yang tidak sedang datang bulan.

“Perempuan yang buat harus suci biar rasanya enak. Karena ini pula saya lebih memilih membuat sendiri daripada beli,” jelas Ida, sapaan akrabnya di rumahnya di Kawasan Samanhudi Gresik.

Sebagai salah satu upaya melestarikan arang-arang kambang, Ida kemudian membuat dan menjajakan kuliner ini melalui media sosial (medsos), seperti Facebook dan Instagram.

“Selain untuk mendapatkan uang, dengan berjualan melalui medsos saya ingin anak-anak muda kenal jajanan khas Gresik bernama arang-arang kambang,” kata Ida, didampingi anak perempuannya, Izza Farchati.

Pembuatan tape ketan yang memakan waktu agak lama menjadikan Ida hanya berjualan dua kali dalam seminggu. Jumlahnya pun terbatas.

“Sekali jual paling hanya 80 porsi,” tuturnya.

Untuk satu porsi arang-arang kambang Ida membandrol harga Rp. 8 ribu. Selain berjualan arang-arang kambang, Ida juga menjual jajanan tradisional lainnya, seperti masin, petulo dan kue kentang kenari.

Salah satu pembeli Uhbitho Aflahiyah, mengaku baru pertama kali memakan arang-arang kambang. Ternyata rasanya sangat enak.

“Rasanya enak. Ada asin manisnya,” kata perempuan asal Bunder Gresik ini.

Saking enaknya, dirinya juga dalam waktu dekat berencana untuk kembali menikmati arang-arang kambang. “Sekali coba bikin nagih. Jadi pingin makan lagi,” akunya sambil tersenyum. (khanif/m1)

Sumber : gresiknews.co

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: