Beginilah Cara Gus Ipul Atasi Banjir Gresik dengan Menyiapkan 2 Skala Prioritas

Beginilah Cara Gus Ipul Atasi Banjir Gresik dengan Menyiapkan 2 Skala Prioritas

Gresik24jam - Calon Gubernur Jatim Saifullah Yusuf memberi perhatian terhadap musibah banjir yang terjadi di beberapa daerah di Jawa Timur. Salah satunya penanganan banjir di Benjeng, Gresik.

"Ada dua skala prioritas untuk menangani persoalan banjir yang ada di Jatim, termasuk di sini (Benjeng, Gresik)," kata calon gubernur nomer urut 2 yang biasa disapa Gus Ipul di lokasi banjir Benjeng, Gresik, Minggu (25/2/2018).

Dua skala itu yakni normalisasi sungai dan membuat tanggul. Untuk mewujudkan dua prioritas itu, Gus Ipul menegaskan supaya semua pihak harus bekerja bersama.

Jika nanti mendapat amanah memimpin Jawa Timur, mantan Ketua Umum GP Ansor ini mengaku akan membuat langkah sinkronisasi skala prioritas. "Langkah prioritas ini akan saya serahkan ke pusat supaya segera ditangani dengan cepat," ujarnya.

Persoalan sungai, lanjut Gus Ipul merupakan tanggung jawab pemerintah pusat, tetapi pemerintah provinsi memiliki kewenangan untuk mendorong.

Untuk itu, strategi melakukan penanganan banjir harus dilakukan supaya masyarakat tidak menderita. Dalam urusan sungai, pembebasan lahan untuk kebutuhan tanggul merupakan tanggung jawab Pemerintah Kabupaten (Pemkab).

Jika anggaran kabupaten tidak mencukupi, maka pemerintah provinsi bisa membantu, begitu juga dengan pemerintah pusat memiliki kewajiban untuk menata sungai-sungai skala besar.

Di Jatim, kata pasangan Puti Guntur Soekarno dalam Pilgub Jatim 2018, ada 300 sungai besar yang menjadi tanggung jawab provinsi untuk dilakukan pembenahan. Jumlah tersebut sangat besar hingga mengakibatakan provinsi kuwalahan.

Untuk itulah perlu ada penanganan secara cepat terhadap sungai-sungai yang memiliki skala prioritas. "Benjeng ini menjadi skala prioritas, karena banjir mengenai pasar sedangkan pasarnya cukup besar. Pasar ini bukan hanya dinikmati warga sekitar tetapi desa lain bahkan kecamatan lain juga menjadikan Pasar Benjeng sebagai tempat belanja. Jadi wajar menjadi prioritas," ungkap Cagub nomor urut 2 ini.

Cagub yang diusung PKB, PDIP, PKS dan Gerindra ini berharap kedepan ada sinergi dan komitmen bersama untuk mengatasi banjir di kawasan Gresik.

"Saya berharap nanti ada sinergi bersama supaya penanganan banjir berjalan dengan lancar," harap dia.
(bdh/bdh)

Sumber : news.detik.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: