Petani Gresik Resah, Sawahnya Terancam Gagal Panen Karena Tikus

gresik24jam - Petani Gresik Resah, Sawahnya Terancam Gagal Panen Karena Tikus

Gresik24jam - Para petani Gresik khususnya di Kecamatan Dukun mengaku gagal panen. Banyaknya serangan hama tikus menyebabkan padi milik petani rusak sehingga gagal panen.

Salah satu petani dari Desa Dukuhkembar, Dukun, Asiaroh (52), mengaku setiap hari ia harus mengunjungi sawahnya untuk menjaga tanaman padinya dari serangan tikus.

"Akhir-akhir banyak tikus di sawah, diobati juga tidak bisa, nggak tahu pakai obat apa yang bisa," kata Asiaroh kepada detikcom, Kamis (4/1/2017).


Menurut Asiaroh, selain hama wereng, hama tikus ini juga menghawatirkan. Dibandingkan tahun lalu, jumlah tikus pada tahun ini lebih banyak.

"Semoga saja bisa teratasi dan hasil panen tidak terlalu buruk, biasanya bisa mendapat 20 sak gabah, musim panen lalu waktu terserang hama tikus hanya 14 sak gabah," ujarnya.

Kepala Desa Dukuhkembar, Asikin juga mengaku mendapatkan pengaduan dari warganya jika pada musim panen kali ini hama tikus menyerang sawah milik warganya.


"Dari 128 petani di desa ini, sawah garapannya terserang hama tikus, mulai musim tanam sudah di bombardir tikus, karena tidak gampang melawan hama tikus, diobati semakin liar. Diberi pagar malah pagarnya dirusak tikus," ujarnya.

Sementara itu, Kasie Perekonomian Kecamatan Dukun, Sudirman, membenarkan jika hama tikus sudah menyerang beberapa desa di wilayahnya.

"Tahun ini, hama tikus lebih banyak dibandingkan tahun lalu, bahkan ada beberapa kades yang membikin sayembara yang bisa menangkap 10 ekor tikus akan diganti dengan satu sak pupuk urea," ujarnya.

Namun, Sudirman menjamin tidak akan ada gagal panen, karena pihaknya bersama warga di 26 desa di wilayah Kecamatan Dukun sudah melakukan upaya pencegahan.


"Warga sudah melakukan upaya pembasmian dan penggerebekan tikus-tikus di sawah, sedangkan wilayah yang terkena serang hama tikus rata-rata wilayah di pinggir Bengawan Solo seperti Desa Baron, Jrebeng, Dukuhkembar, dan Sekar Gadung," ungkapnya. (iwd/iwd) Sumber : news.detik.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: