Melihat Desa di Gresik Penghasil dan Pemasok Bunga Kenanga

gresik24jam - Melihat Desa di Gresik Penghasil dan Pemasok Bunga Kenanga

Gresik24jam - Gresik mempunyai desa pemasok bunga kenanga. Pendapatan yang dihasilkan dari bunga tersebut sangat membantu di samping penghasilan sebagai petani.

Adalah Desa Dukuhkembar yang ada di Kecamatan Dukun yang dikenal sebagai desa pemasok bunga kenanga. Di desa yang berjarak 26 kilometer dari pusat Kota Gresik itu tertanam banyak pohon kenanga. Pohon tersebut banyak tumbuh di areal persawahaan dan lahan milik warga. Tak tahu siapa yang dulu menanam pohon tersebut.


Kebanyakan pohon kenanga yang tumbuh di desa yang mempunyai luas lahan 52 hektare ini memiliki ciri khas tersendiri dibanding bunga kenaga yang tumbuh di daerah lainnya. Bunga yang menjadi bagian dari bunga tujuh rupa tersebut memiliki bentuk menyerupai bintang laut.

Warga di desa yang berpenduduk 1580 jiwa tersebut sejak turun temurun menjadikan bunga yang mempunyai nama latin Cananga odorata ini menjadi mata pencarian selain bertani karena hasilnya yang cukup menjanjikan.

gresik24jam - Melihat Desa di Gresik Penghasil dan Pemasok Bunga Kenanga
Pohon bunga kenanga yang banyak tumbuh di Desa Dukuhkembar (Foto: Deni Prastyo Utomo)

"Sejak nenek moyang dulu memang sudah banyak yang jualan bunga kenanga ini, pohon ini tidak tahu dari mana asalnya," kata salah satu warga desa, Slamet, kepada detikcom, Jumat (4/1/2018).

Tak hanya Slamet, warga lain, Asiaroh (53), juga tidak tahu menahu asal usul mengapa desanya banyak ditumbuhi pohon kenanga. Asiaroh mengatakan bahwa pohon ini sudah ada sejak ia masih kecil. 

"Tidak tahu siapa yang nanam, waktu saya masih kecil, pohon-pohon ini sudah besar," ujar Asiaroh.

Sumber : news.detik.com

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: