Gunung Surowiti, Menelusuri Jejak Siar Sunan Kalijogo

gresik24jam - gunung surowiti

Gresik24jam - Gresik yang terletak di sisi barat Surabaya berjarak sekitar 18 km, menjadi kota industri dengan pabrik Semen Gresik yang terkenal di Indonesia, ada juga industri rumahan kayu besar dan bangunan sejak 1976. Selain terkenal dengan industrinya, Gresik juga mempunyai beberapa obyek wisata yang bisa anda kunjungi salah satunya adalah Gunung Surowiti.

Berwisata ke tempat-tempat yang seru dan menyenangkan pastilah sudah biasa, seperti di pantai, air terjun, waterpark dan obyek wisata lain yang mempunyai wahana permainan seru. Namun tidak selalu berwisata harus ke tempat seperti itu, sekali-kali tidak ada salahnya juga kita berlibur ke tempat-tempat wisata yang mengandung sejarah atau religi, karena selain kita berlibur, kita juga akan mendapatkan pengetahuan mengenai kejadian-kejadian penting yang pernah terjadi di negara kita. Bagi anda yang akan pergi berkunjung ke kabupaten Gresik, anda bisa mendatangi salah satu obyek wisata religi, yaitu Gunung Surowiti.


Gunung Surowiti adalah salah satu obyek wisata yang ada di Desa Surowiti, Panceng-Gresik. Bagi anda yang menyukai jenis wisata religi maka tempat ini cocok untuk anda. Anda bisa datang kesana dengan teman-teman, keluarga ataupun juga sendiri. Sembari refreshing, anda bisa mengetahui beberapa sejarah mengenai tempat ini dan juga kota Gresik karena tempat ini merupakan petilasan Sunan Kalijaga.

gresik24jam - gunung surowiti

Selain ramai pengunjung pada saat musim liburan, obyek wisata ini juga ramai peziarah yang datang pada hari Senin atau Kamis. Banyak masyarakat dari berbagai macam golongan, wanita, pria, anak muda, orang tua, pekerja biasa, hingga para pejabat-pejabat. Konon katanya mereka biasanya juga suka mencari berkah, meditasi, berkomunikasi dengan roh bahkan ada yang sampai meminta pesugihan. Ada juga yang semedi di tempat ini sampai berbulan-bulan lamanya. Tapi percaya atau tidak mengenai kekuatan di wilayah ini, semua terserah anda.

Daya tarik utama obyek wisata dari Gunung Surowiti sendiri adalah komplek petilasan Sunan Kalijaga beserta beberapa makam tua yang ada di sebuah goa yang bernama Goa Langseh. Di tempat yang masih terjaga kelestariannya ini Sunan Kalijaga semasa muda pernah bersembunyi di sana. Di tempat itulah Sunan yang mempunyai nama muda Brandhal Lokojoyo itu digembleng dan dididik oleh Sunan Bonang hingga menjadi seorang yang mampu menyiarkan agama islam sekaligus dinobatkan sebagi Sunan Kalijaga.


Namun untuk masuk ke dalam goa memang agak susah, terlebih lagi saat musim penghujan. Jalan menuju dalam goa berupa tumpukan bebatuan dengan kemiringan curam. Ini yang menyulitkan orang masuk ke dalam goa.

Selain sebagai wisata religi orang-orang yang ingin berziarah ke makam Sunan Kalijaga, di obyek wisata ini juga banyak digunakan untuk berbagai kegiatan seperti pusat diklat, perkemahan, wahana outbound, dan lain - lain. Jadi anda tidak harus ikut berziarah juga melainkan bisa bersantai menikmati pemandangan di sekitar.


Fasilitas di Gunung Surowiti

Untungnya karena dikelola dengan baik, anda bisa menemukan beberapa fasilitas-fasilitas penunjang bagi para pengunjung di sini, seperti di antaranya adalah;

- Tempat parkir
Anda yang membawa kendaraan pribadi atau menyewa bus pariwisata tidak perlu lagi khawatir dengan masalah parkir karena di sini lahan untuk parkirnya luas sehingga muat untuk beberapa bus dan ratusan mobil atau motor-motor dari para pengunjung. Tempat parkirnya juga dijamin aman.

- Toilet umum
Di beberapa titik di lokasi ini sudah disediakan beberapa kamar mandi atau toilet umum bagi para pengunjung jika ingin mencuci tangan atau buang air kecil. Walaupun memang harus berjalan agak jauh tapi setidaknya anda tidak perlu repot mencari lagi.

- Tempat penginapan
Di wilayah sekitar Gunung Surowiti anda juga bisa menemukan beberapa tempat penginapan yang mempunyai harga bervariasi dari yang murah hingga yang agak mahal. Namun tempatnya semua dijamin nyaman.

- Kantin atau tempat makan
Bila anda sudah puas menikmati pemandangan dan berziarah ke makam Sunan Kalijaga, anda bisa mampir ke beberapa kantin atau warung yang ada di sekitar obyek wisata sana yang menjual berbagai macam makanan dan minuman dengan harga terjangkau.

- Mushola
Bagi anda yang ingin segera menunaikan ibadah sholat anda bisa langsung bertanya kepada petugas setempat dan mereka akan dengan senang hati mengantarkan anda ke mushola yang ada di sana.

- Gazebo
Jika anda tidak mau berjalan-jalan terlalu jauh, anda bisa dengan santai duduk-duduk di gazebo - gazebo yang telah disediakan pihak pengelola di sana. Sambil menikmati bekal makanan anda bisa melihat pemandangan di sekitar Gunung Surowiti.


Hunting Foto di Gunung Surowiti


Karena tempat ini tidak hanya sekedar wisata religi, anda yang mempunyai hobi mengabadikan pemandangan alam tidak perlu khawatir. Di obyek wisata ini anda akan disuguhi pemandangan yang cantik nan asri dari hutan dan pepohonan yang ada di sekitar sana. Anda bisa menjadikan pepohonan yang lebat dan rindang sebagai latar belakang foto anda bersama teman-teman atau keluarga anda. Selain itu anda juga bisa mengambil foto di area Goa Langseh dan makam Sunan Kalijaga, namun tetap anda harus menghormati dan menghargai peziarah lainnya.

Akses Jalan Menuju ke Gunung Surowiti

Anda yang berencana datang kesana bisa menggunakan kendaraan pribadi anda. And bisa langsung mengarahkan kendaraan anda 35 Km jalur pantura lalu masuk ke Selatan sekitar 4 Km. Tranportasi dengan kendaraan roda empat sudah dapat mencapai sampai kaki komplek petilasan. Namun untuk kendaraan besar seperti bus masih belum bisa masuk ke area wisata karena jalan yang sempit.


Jam Buka dan Tiket Masuk ke Gunung Surowiti

Jam buka dari obyek wisata ini adalah 24 jam alias tidak ada waktu tutup dan dibuka setiap hari, jadi anda bebas datang kapanpun yang anda mau. Untuk biaya tiket masuknya juga tidak ada jadi gratis tanpa biaya apapun, hanya untuk biaya parkir.

Tips Berlibur ke Gunung Surowiti

  • Jangan berbicara kasar karena ini adalah wilayah petilasan
  • Hormati peziarah yang lain 
  • Jangan lupa membawa bekal makanan dan minuman
  • Jangan mengotori area lingkungan sekitar
Sumber : tempat.co.id


Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: