Dewan Rekomendasikan Rekrutmen Perangkat Desa di Gresik Dihentikan

gresik24jam - Dewan Rekomendasikan Rekrutmen Perangkat Desa di Gresik Dihentikan

Gresik24jam - Komisi I DPRD Gresik merekomendasikan agar Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Gresik menghentikan sementara pelaksanaan rekrutmen perangkat desa yang dilaksanakan oleh panitia pengangkatan pemberhentian perangkat desa (P3D). 

Rekomendasi tersebut segera dikirimkan ke pimpinan DPRD Gresik untuk ditindaklanjuti ke Bupati Gresik, usai hearing dengan DPMD serta Camat Kedamean, Benjeng, dan Balongpanggang.

Baca juga >>> Daftar Rumah Sakit di Kabupaten Gresik

"Kami merekomendasikan untuk dihentikan sementara desa-desa di berbagai kecamatan yang belum melaksanakan rekrutmen perangkat desa," kata anggota Komisi I DPRD Gresik, H Suberi dari F-Demokrat, Selasa (9/01/2018).

Keputusan Komisi I yang merekomendasi penghentian sementara seluruh pelaksanaan rekrutmen perangkat desa agar tak terjadi gejolak di masyarakat. "Kalau tetap ngotot dipaksakan untuk diteruskan dengan berbagai laporan kecurangan, bisa membahayakan secara hukum," ujar Suberi.

Baca juga >>> Lounching Aplikasi APALAN, Agar Tak Menanam Pisang di Jalan Rusak

Sayangnya, Kepala DPMD Gresik Tursilowanto Harijogi tak hadir dalam hearing tersebut. Padahal, banyak permasalahan yang hendak dibahas, termasuk temuan Komisi I dalam  inspeksi mendadak (sidak) pelaksanaan rekrutmen calon perangkat desa di wilayah Kecamatan Kedamean.

"Kalau psikotest berdasarkan kesepakatan antara pihak ketiga dengan P3D. Tujuannya, mengetahui bakat dan minat dari calon perangkat desa. Biayanya bersumber dari desa. Kecamatan tidak ikut-ikut,”ujar Camat Kedamean, Suryo Wibowo.

Banyaknya keluhan maupun kejanggalan dalam rekrutmen calon perangkat desa membuat Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib ikut berang. Menurutnya, jika proses rekrutmen perangkat desa dilakukan dengan kecurangan bahkan indikasi jual beli jabatan, maka menghambat terwujudnya desa mandiri pada tahun 2022.

Baca juga >>> Makam Sunan Giri, Menengok Situs Bersejarah Di Daerah Gresik

Wakil Ketua DPRD Gresik, Nur Qolib menyatakan adanya kerjasama P3D dengan pihak lain bukan DPMD Gresik perlu dikaji ulang. Alasannya, lebih tepat kerjasama dengan Pemkab Gresik. Alasannnya, desa ada dibawah pembinaan DPMD Gresik  sebagaimana  UU, PP, Permen maupun  Perda yang mengatur desa.

"Pemerintah daerah memberikan anggaran besar kepada desa yang  rata-rata sebesar 1,4 milyar pertahun.  Selain itu, Pemkab Gresik lebih tahu tingkat kebutuhan kwalitas SDM perangkt untuk memenuhi standar sesuai UU tentang Desa," tandasnya.[ dny/ted]

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Sumber Artikel : beritajatim.com
beritajatim.com/politik_pemerintahan/318205/dewan_rekomendasikan_rekrutmen_perangkat_desa_di_gresik_dihentikan.html

Subscribe to receive free email updates: