Inilah Metode Pengobatan Terbaru Untuk Gangguan Penglihatan

gresik24jam - Inilah Metode Pengobatan Terbaru Untuk Gangguan Penglihatan

Gresik24jam - Para peneliti di Australia saat ini sedang mengembangkan pengobatan terbaru untuk gangguan penglihatan tanpa melibatkan perbaikan/operasi mata atau sistem visual. Sebaliknya, mereka berniat untuk menempatkan electrical implant langsung ke dalam otak pasien, yang kemudian akan merangsang neuron yang berfungsi untuk menghasilkan gambar visual.

Dirancang oleh para ilmuwan dari Monash University di Melbourne, teknologi ini menggunakan sepasang kacamata yang dilengkapi kamera built-in sebagai alat bantu, yang kemudian akan mentransmisikan data mengenai objek yang dilihat pengguna kepada implan kortikal. Alat ini terbuat dari 11 kotak-kotak kecil, yang berfungsi sebagai penerima sinyal nirkabel dari pemancar pada lensa kacamata dan kemudian merangsang korteks visual menggunakan array elektroda kecil.

Menurut New Scientist, masing-masing elektroda tersebut akan menghasilkan sinyal yang akan dilihat oleh pengguna sebagai titik-titik cahaya, yang artinya ketika semua titik-titik ini dirangsang, maka mereka akan menciptakan sebuah bentuk objek yang terdiri dari 500 titik tersebut. Meskipun penglihatan ini mungkin tidak sama dengan penglihatan orang tanpa gangguan visioner (normal), namun alat ini setidaknya memungkinkan para pengguna untuk mendeteksi wajah dan fitur-fitur dasar lainnya dari dunia di sekitar mereka.

gresik24jam - Inilah Metode Pengobatan Terbaru Untuk Gangguan Penglihatan
Rincian alat bantu penglihatan yang dikembangan Monash University.

Perangkat ini dikembangkan sebagai pengobatan untuk orang-orang dengan gangguan penglihatan yang disebabkan oleh berbagai kondisi yang berbeda, termasuk luka fisik, degenerasi terkait usia, dan glaukoma, yang terjadi akibat penumpukan cairan di dalam mata. Menurut situs Monash Vision Direct, implan ini dapat digunakan sebagai alat bantu penglihatan pada setiap penggunanya, karena itu alat ini dapat dipakai oleh orang-orang yang rabun atau buta sebagian dan orang-orang yang buta sepenuhnya.

Uji klinis mata bionik akan segera dimulai, diawali dengan rencana pemasangan implan pada sekelompok relawan untuk pertama kalinya tahun depan. Untuk melakukannya, para ahli bedah akan memotong sebagian kecil dari tengkorak dan menempatkan perangkat tersebut langsung ke permukaan korteks visual di otak, sebelum memasangkan kembali potongan tengkorak yang tadi dipotong. Korteks visual adalah bagian otak yang bertanggung jawab untuk memproses informasi visual.

Dalam beberapa tahun terakhir, sejumlah solusi teknologi untuk gangguan visioner telah diusulkan dan dikembangkan. Salah satunya adalah implan retina yang mengganti retina dengan saraf optik yang terhubung ke otak dan telah disetujui oleh US Food and Drug Administration (FDA) pada tahun 2013. Namun, produk Monash tidak temasuk dalam upaya mendapat persetujuan ini karena menawarkan cara pengobatan yang benar-benar baru dalam merangsang korteks visual, yaitu dengan membypass mata dan sistem visual secara keseluruhan. Sumber : Bagi Kertas

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: