Wisata Religi di Gresik Akan Ramai Pengunjung Jika Pengelolaannya Lebih Indah dan Nyaman

gresik24jam - Wisata Religi di Gresik Akan Ramai Pengunjung Jika Pengelolaannya Lebih Indah dan Nyaman


Gresik24jam - Kementerian Pariwisata (Kemenpar) Republik Indonesia meminta pengelolaan area pariwisata khususnya wisata religi bisa memberikan kenyamanan, indahan dan pencerahan bagi pengunjung.

Hal ini diharapkan bisa meningkatkan kunjungan wisatawan.

Masukan ini disampaikan Lokot Ahmad Endah, Asisten Deputi Pengembangan Destinasi Wisata Budaya Kementerian Pariwisata RI, ketika menyerahkan papan pengumuman dan informasi tentang Sunan Giri di Makam Sunan Giri.

Menurut Lokot, Makam Sunan Wali Sembilan (Songo), merupakan Wonderfull Indonesia sebab keunikannya tak ada di negara lain dan banyak dikunjungi wisatawan.

Oleh karena itu, diperlukan penataan lokasi area makam sunan sehingga bisa menambah daya tarik wisatawan baik dalam negeri maupun mancanegara.

"Area sekitar makam dibuat yang menarik, ada pemandu wisata, ada pamflet yang memberi sejarah dan ada promosi yang terus menerus," kata Lokot, didamping Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Gresik Mighfar Syukur, serta Ketua Yayasan Masyarakat Pecinta Sejarah dan Budaya Gresik (Mataseger), Kamis (30/11/2017).

Lokot menegaskan Kementerian Pariwisata tidak bisa langsung menata kawasan wisata religi di Gresik yaitu Sunan Giri dan Syeh Maulana Malik Ibrahim sebab lahan yang dimiliki bukan tanah 
negara.

Melainkan tanah khas desa yang sudah dikelola oleh yayasan masing-masing.

"Oleh karena itu, pihak yayasan bisa mengajukan bantuan ke Kementerian Pekerjaan Umum atau bekerjasama dengan perusahaan dalam pengelolaan dana Corporate Social Responsibility (CSR)," imbuhnya.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gresik Mighfar Syukur, mengatakan jumlah pengunjung wisatawan di Kabupaten Gresik mencapai 3 juta orang rata-rata pertahun.

Dengan jumlah ini, Disbudpar Kabupaten Gresik akan mengajukan bantuan penataan kawasan area makam Sunan Giri dan makam Syekh Maulana Malik Ibrahim ke Kementerian Pekerjaan Umum (PU).

"Kita koordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum kabupaten untuk menata area wisata religi dan wisata lain sehingga bisa meningkatkan kunjungan wisatawan yang jumlahnya tiga juta lebih pengunjung tiap tahun," kata Mighfar Syukur. (sumber : Surabaya Tribunnews)

Jangan lupa share di akun sosmedmu yah..
Terima kasih telah berkunjung ke Gresik 24 Jam.
Facebook Page: Gresik 24 Jam
Instagram: @gresik24jam

Subscribe to receive free email updates: